Sabtu, 11 Juni 2011

 Bagi Anda yang sering mengutak-atik gambar digital, nama pen tabletmungkin sudah tidak asing lagi. Peranti input pengganti mouse ini memang punya presisi yang jauh lebih tinggi ketimbang menggunakan mouse dan karenanya cocok untuk digunakan memanipulasi gambar digital. Sayangnya, kebanyakan produk pen tablet yang beredar memiliki harga yang masih cukup tinggi dan tak terjangkau kebanyakan orang. Dan inilah yang membuat produk Genius ini layak dipertimbangkan.
Genius G-Pen M712
Harga yang terjangkau memang mau tak mau memiliki kompensasi yang tak bisa dihindari. Beberapa produsen mengakalinya dengan cara menggunakan material yang lebih murah sementara yang lain memilih mengurangi fitur dan kemampuan. Untungnya, Genius G-Pen M712 ini tak terlalu parah soal menurunkan kualitas ini. Bahan yang digunakan masih cukup bagus sementara fitur-fitur utama pun masih tetap ada pada produk ini.
Kualitas bahan pembuat bodi dari pen tablet ini masih tergolong cukup kokoh dan tak gampang rusak. Tampilannya pun cukup bagus dan mudah dipahami. Sayangnya mungkin ukuran penanya agak sedikit terlalu besar dan mungkin perlu pembiasaan terutama bagi mereka yang memiliki tangan yang relatif kecil. Ukuran yang besar ini disebabkan pena ini menggunakan baterai ukuran AAA dan mau tak mau bodi terpaksa harus dibuat lebih besar dari ukuran baterai ini.
Genius G-Pen M712
Dalam satu paket pembelian, Anda akan mendapatkan beberapa ujung pena yang dapat diganti-ganti sesuai dengan selera dan kebutuhan. Sayangnya, Genius agaknya lupa memasang 'penghapus' di bagian belakang dari pena ini. Jadi bila Anda sudah terbiasa dengan fasilitas ini, bersiaplah untuk tidak menemukannya pada produk yang satu ini.
Layar pen tablet ini cukup luas. Dengan ukuran 30,5 x 18,4cm dijamin Anda punya ruang cukup lapang untuk 'bermain' di sini. Namun soal resolusi, produk ini memang masih kalah dibanding produk Wacom karena layarnya hanya memiliki resolusi sekitar 4.000 lpi (lines per inch) saja. Bagusnya, layar ini dapat diatur menggunakan format 4:3 atau 16:9 dengan mudah sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan format layar monitor yang Anda gunakan.
Genius G-Pen M712
Fitur-fitur lain yang juga disertakan pada produk Genius G-Pen M712ini termasuk pena dengan dua tombol, dual scroll wheel dan 34 tombol yang dapat diatur fungsinya menurut kebutuhan Anda. Menariknya lagi, Anda dapat menggunakan Genius G-Pen M712 ini baik pada PC berbasis Windows maupun pada Mac OS yang biasa dipaket pada produk Apple.
Jadi meski ia tak memiliki beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh produk Wacom yang berharga empat kali lipat harga produk ini, kemampuannya masih cukup bisa diandalkan untuk keperluan image editing. Layak jika Trusted Reviews memberikan nilai 8 dari 10 untuk produk yang dijual dengan harga 90 Poundsterling atau sekitar Rp 1.500.000 ini.

0 komentar:

Posting Komentar